Edukasi & Literasi bersama Perbarindo DPK Gianyar

  • by
https://

Pelaksanaan Edukasi dalam rangka meningkatkan keuangan masyarakat sangat diperlukan karena berdasarkan survei yang dilakukan oleh OJK, bahwa tingkat literasi keuangan penduduk Indonesia dibagi menjadi empat bagian, yakni:

  1. Well literate (21,84 %), yakni memiliki pengetahuan dan keyakinan tentang lembaga jasa keuangan serta produk jasa keuangan, termasuk fitur, manfaat dan risiko, hak dan kewajiban terkait produk dan jasa keuangan, serta memiliki keterampilan dalam menggunakan produk dan jasa keuangan.
  2. Sufficient literate (75,69 %), memiliki pengetahuan dan keyakinan tentang lembaga jasa keuangan serta produk dan jasa keuangan, termasuk fitur, manfaat dan risiko, hak dan kewajiban terkait produk dan jasa keuangan.
  3. Less literate (2,06 %), hanya memiliki pengetahuan tentang lembaga jasa keuangan, produk dan jasa keuangan.
  4. Not literate (0,41%), tidak memiliki pengetahuan dan keyakinan terhadap lembaga jasa keuangan serta produk dan jasa keuangan, serta tidak memiliki keterampilan dalam menggunakan produk dan jasa keuangan.

‚ÄčLiterasi Keuangan memiliki tujuan jangka panjang bagi seluruh golongan masyarakat, yaitu: 

  • Meningkatkan literasi seseorang yang sebelumnya less literate atau not literate menjadi well literate;
  • Meningkatkan jumlah pengguna produk dan layanan jasa keuangan.

Agar masyarakat luas dapat menentukan produk dan layanan jasa keuangan yang sesuai dengan kebutuhan, masyarakat harus memahami dengan benar manfaat dan risiko, mengetahui hak dan kewajiban serta meyakini bahwa produk dan layanan jasa keuangan yang dipilih dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

  1. Bagi masyarakat, Literasi Keuangan memberikan manfaat yang besar, seperti:
  2. Mampu memilih dan memanfaatkan produk dan layanan jasa keuangan yang sesuai kebutuhan; memiliki kemampuan dalam melakukan perencanaan keuangan dengan lebih baik;
  3. Terhindar dari aktivitas investasi pada instrumen keuangan yang tidak jelas;

Mendapatkan pemahaman mengenai manfaat dan risiko produk dan layanan jasa keuangan. Literasi Keuangan juga memberikan manfaat yang besar bagi sektor jasa keuangan. Lembaga keuangan dan masyarakat saling membutuhkan satu sama lain sehingga semakin tinggi tingkat Literasi Keuangan masyarakat, maka semakin banyak masyarakat yang akan memanfaatkan produk dan layanan jasa keuangan.

Edukasi & Literasi BPR Gianyar bersama Perbarindo DPK Gianyar

Sehubungan dengan pentingnya edukasi dan literasi bagi nasabah terutama masyarakat luas yang belum mulai menabung di bank, BPR Gianyar bersama Perbarindo DPK Gianyar mengadakan kegiatan bersama nasabah dan juga masyarakat sekitar Desa Buruan untuk berbagi sembako sekaligus menghimbau untuk mulai menabung di bank. Kegiatan dilakukan mulai dari hari Senin, 22 Juni 2020 hingga 26 Juni 2020. Kegiatan Edukasi dan Literasi Keuangan BPR dilakukan secara serentak di 34 BPR yang tergabung dalam DPK Gianyar. Adapun rangkaian acara yang dilakukan oleh BPR Gianyar selama 5 hari diantaranya ialah :

1. Edukasi Nasabah serta Pembagian Sembako

Edukasi & Literasi bersama Perbarindo DPK Gianyar
Mengenal nasabah lebih dekat sambil mengedukasi

Dimulai dari tanggal 22 hingga 23 Juni 2020, BPR Gianyar mengundang beberapa nasabah terdampak Covid-19 untuk datang ke Kantor Pusat BPR Gianyar yang berada di Jalan Raya Buruan No. 88, Blahbatuh, Gianyar. Bersama nasabah yang datang, BPR Gianyar berkomunikasi dengan nasabah terkait keadaannya pasca pandemi berlangsung. Dimulai dari kehidupan sehari-hari hingga pekerjaan yang saat ini dijalani diperhatikan oleh BPR Gianyar. Pembicaraan dilakukan oleh para pengurus BPR Gianyar dilanjutkan dengan edukasi terkait menabung di bank. Hal ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan literasi para nasabah terkait dengan dana simpanan yang dijamin oleh LPS sehingga di tengah pandemi seperti sekarang ini nasabah dan juga masyarakat luas tidak perlu ragu untuk menabung di bank. Pertemuan BPR Gianyar dan nasabah terdampak covid-19 ditutup dengan pemberian sembako dan berfoto bersama.

Edukasi & Literasi bersama Perbarindo DPK Gianyar
Pemberian Sembako kepada nasabah

2.Edukasi Masyarakat serta Berbagi Sembako

https://
https://

3.Edukasi Nasabah di BPR Bali Artha Jaya

https://

4.Edukasi Masyarakat di BPR Gianyar Partasedana

Edukasi & Literasi bersama Perbarindo DPK Gianyar

Pada tanggal 26 Juni 2020, BPR Gianyar mengundang beberapa masyarakat terdampak Covid-19 untuk datang ke Kantor Pusat BPR Gianyar yang berada di Jalan Raya Buruan No. 88, Blahbatuh, Gianyar. Bersama nasabah yang datang, Direktur BPR Gianyar memberi edukasi kepada masyarakat terkait menabung di bank. Hal ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan literasi para nasabah terkait dengan dana simpanan yang dijamin oleh LPS sehingga di tengah pandemi seperti sekarang ini nasabah dan juga masyarakat luas tidak perlu ragu untuk menabung di bank. Pertemuan yang dihadiri oleh 14 masyarakat sekitar yang terdampak covid-19 ditutup dengan pemberian sembako dan berfoto bersama.

Edukasi & Literasi bersama Perbarindo DPK Gianyar

BPR Gianyar berharap dengan edukasi dan literasi, kita dapat meningkatkan budaya menabung di Bank Perkreditan Rakyat.

BPR Gianyar, lebih peduli !

Sumber artikel : https://www.ojk.go.id/id/kanal/edukasi-dan-perlindungan-konsumen/Pages/Literasi-Keuangan.aspx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *